Selamat Datang di Website MTs Negeri 3 Kutai Kartanegara - Madrasah Hebat, Madrasah Bermartabat
Profil

A. Visi MTs Negeri 3 Kutai Kartanegara

Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait (stakeholders)  bermusyawarah, sehingga visi madrasah mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait, dan seluruh kelompok yang terkait (guru, karyawan/ Tata Usaha, peserta didik, orang tua, Komite /masyarakat, pemerintah yang diwakili pengawas madrasah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya.

Berikut ini merupakan visi yang dirumuskan oleh madrasah kami:

“Menjadikan Madrasah Unggul Dalam Imtaq Dengan Dukungan Iptek, Berwawasan Global Dan Cinta Lingkungan”

Visi ini menjiwai warga madrasah untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan madrasah.  

Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita madrasah yang tergambar pada uraian berikut:

  1. Ingin mencapai keunggulan/komperatif;
  2. Sesuai dengan norma dan harapan masyarakat;
  3. Mendorong adanya perubahan yang lebih baik;
  4. Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga madrasah;
  5. Mendorong warga madrasah yang religius;
  6. Berorientasi ke depan dengan memperhatikan potensi kekinian.

   

B. Misi MTs Negeri 3 Kutai Kartanegara

Untuk mencapai visi, perlu dirumuskan misi yang berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi tersebut.

  • Meningkatkan nilai pendidikan agama Islam;
  • Mewujudkan implementasi nilai-nilai pendidikan keagamaan;
  • Meningkatkan implementasi budaya Islam dalam kehidupan peserta didik;
  • Meningkatkan kemampuan peserta didik dalam iptek dan berbahasa inggris;
  • Meningkatkan peserta didik dibidang akademik;
  • Mengembangkan prestasi peserta didik melalui kegiatan non akademik;
  • Meningkatkan profesionalisme dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan;
  • Mewujudkan madrasah yang peduli lingkungan;
  • Mewujudkan kepercayaan dan dukungan dari masyarakat.

 

C. Tujuan  MTs Negeri 3 Kutai Kartanegara

Tujuan yang ingin dicapai di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Kutai Kartanegara secara bertahap akan dimonitoring, dievaluasi, dan dikendalikan setiap kurun waktu 1 (satu) tahun. Tujuan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Tercapainya tingkat kelulusan 100% dengan rata-rata nilai 80,02
  2. Meningkatnya persentase lulusan yang diterima di Sekolah negeri (SMA/SMK/MA) sekurang-kurangnya 80% dari lulusan;
  3. Tersedianya media pembelajaran standar yang diperlukan;
  4. Meningkatnya kemampuan berbahasa Inggris, menulis artikel/kording dalam bahasa Indonesia, Matematika, IPA sehingga mempersiapkan berbagai kompetisi tingkat kabupaten dan provinsi;
  5. Terlaksananya progam 3 S (Senyum, Salam, Sapa);
  6. Terlaksananya program 7 K (Keamanan, Ketertiban, Keindahan, Kebersihan, Kenyamanan, Kerindangan, Kekeluargaan) sehingga madrasah menjadi kondusif;
  7. Terlaksananya pelayanan yang optimal kepada semua pihak yang memerlukan berdasarkan SAM (Sistem Administrasi Madrasah);
  8. Tercapainya siswa muslim 100% lancar baca tulis Al Qur’an dan 25% menguasai seni baca Al Qur’an,
  9. Terlaksananya program berbagai kegiatan keagamaan seperti: Bimbingan baca tulis Al-Quran, Pesantren Kilat/Ramadhan, retreat dan peringatan hari besar keagamaan,
  10. Terjalinnya kerja sama antar warga/keluarga besar madrasah dan lingkungkan sekitar.

STRUKTUR ORGANISASI

MTS NEGERI 3 KUTAI KARTANEGARA

TAHUN PELAJARAN 2021/2022






I.  KETENTUAN UMUM
    1. peserta didik petugas piket kelas harus hadir di madrasah paling lambat 15 menit sebelum jam pelajaran
    2. Semua peserta didik harus hadir di madrasah paling lambat 5 menit sebelum jam pertama dimulai.
    3. peserta didik yang terlambat harus lapor guru piket sebelum masuk
    4. Ketua dan pengurus kelas bertanggung jawab dalam hal :
      1. Kebersihan, katertiban dan keamanan
      2. Absen peserta didik setiap hari, baik absensi kelas maupun
    5. Semua peserta didik harus mengikuti upacara, senam, dan pembinaan wali
    6. Semua peserta didik mengikuti kegiatan ektrakurikuler wajib yaitu Pramuka
    7. Pada waktu istirahat tidak ada peserta didik yang makan di dalam kelas
    8. Pada waktu istirahat kedua, peserta didik diwajibkan sholat Dzuhur
    9. Tidak membawa HP didalam lingkungan MTs Negeri 3 Kutai Kartanegara
    10. Ijin peserta didik yang absen (tidak masuk Madrasah) harus
    11. Memakai seragam Madrasah lengkap beserta atribut yang
    12. Pelanggaran terhadap ketentuan dan tata tertib yang berlaku akan dikenai
II. KEWAJIBAN PESERTA DIDIK

A. Dalam proses Belajar Mengajar (PBM) :

    1. Memulai dan mengakhiri pelajaran dengan doa
    2. Harus bersikap tenang tidak mengganggu jalannya pelajaran
    3. Keluar/masuk harus seijin guru kelas
    4. Ketua kelas/wakilnya segera melaporkan kepada guru piket jika guru absen/terlambat
    5. Bila peserta didik tidak bisa mengikuti PBM :
      • Karena sakit atau lainnya harus ada surat ijin dari orang tua / wali
      • Sakit lebih 3 (tiga) hari harus ada surat keterangan dokter
      • Tidak ikut PBM karena suatu hal atau alpa selama satu hari harus membuat surat keterangan dari orang tua/wali peserta didik pada hari berikutnya untuk disampaikan kepada guru piket/wali kelas
      • Alpa lebih dari satu hari, orang tua/wali peserta didik akan diundang hadir di madrasah oleh kepala

B. Dalam ketentuan lainnya dan dalam pergaulan sosial :

    1. Taat kepada kepala Madrasah, guru, kepala TU dan staf, serta seluruh karyawan Madrasah
    2. Menghormati guru – karyawan dan saling menghargai sesama
    3. Ikut bertanggung jawab atas pemeliharaan gedung, halaman, perabot dan peralatan madrasah.
    4. Ikut menjaga nama baik madrasah, guru dan orang tua/wali peserta didik pada umumnya baik di dalam maupun di luar
    5. Melengkapi diri dengan pakaian seragam dan atribut yang sesuai dengan ketentuan madrasah.
    6. Mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh madrasah dan
    7. Bagi peserta didik yang membawa sepeda motor harus melengkapi kelengkapan sesuai ketentuan peraturan lalu lintas.
    8. Keluar masuk lingkunagn madrasah harus turun dari
    9. Ikut membantu agar tata tertib (TATIB) madrasah dapat berjalan baik dan ditaati oleh seluruh peserta
    10. Mentaati semua tata tertib yang berlaku di
III. HAK-HAK PESERTA DIDIK
    1. Mengkuti pelajaran selama tidak melanggar tata tertib
    2. Meminjam buku-buku di perpustakaan madrasah dengan mentaati peraturan perpustakaan yang berlaku
    3. Mendapatkan perlakuan yang sama dengan peserta didik lain
IV. PERUMUSAN BENTUK-BENTUK DAN BOBOT PELANGGARAN
 1 SIKAP/PERILAKU

No

Bentuk Pelanggaran

Bobot Pelanggaran

1

Tidak membawa buku sesuai dengan jadwal

01

2

Tidak membawa Buku rekama data (BRKDpesdik)

01

3

Mengganggu ketenangan PBM

02

4

Ribut pada waktu upacara

02

5

Tidak Melaksanakan piket kebersihan kelas

02

6

Membuang sampah tidak pada tempatnya

02

7

Mengendarai sepeda /sepeda motor di halaman

05

8

Membawa sepeda motor tidak standar

05

9

Bertindak tidak senonoh kepada kawan

06

10

Mencoret dinding, meja dan pagar

06

11

Melompat pagar/jendela

10

12

Bermesraan atau pacaran di lingkungan Madrasah

25

13

Merusak peralatan, sarana dan prasarana sekolah

25

14

Menyalah gunakan laptop pada saat KBM berlangsung

15

15

Melindungi teman yang salah

15

16

Bertindak tidak sopan kepada guru/karyawan

15

17

Merusak sarana/prasarana

15

18.

Menghina orang tua/mengolok-olok

25

19.

Mengancam / mengintimidasi/meminta uang secara paksa

25

20

Membawa HP di madrasah

30

21.

Membawa/merokok di madrasah

40

22.

Bermain play station/game di warnet dengan memakai seragam

madrasah

20

23

Mengambil hak orang lain/ mencuri

30

23.

Membawa senjata tajam, senjata api

50

24.

Memalsukan tanda tangan wali/guru

30

25.

Meminta uang secara paksa

30

26.

Berkelahi di lingkungan madrasah

30

27.

Berperilaku jorok atau asusila

40

28.

Berjudi di dalam atau di luar madrasah

40

29.

Terlibat tindak kriminal

40

30.

Memalsukan tanda tangan kepala madrasah

40

31.

Membawa, menggunakan, mengedarkan gambar/VCD porno di dalam dan di luar madrasah

40

32.

Terlibat tawuran antar madrasah/Madrasah

70

33.

Membawa, menggunakan, mengedarkan miras/narkoba

70

34.

Ngelem

70

34

Nikah / hamil

100

 

2. KEDISIPLINAN DAN KEPATUHAN

No.

Bentuk pelanggaran

Bobot Pelanggaran

1.

Datang terlambat

02

2.

Tidak mengikuti upacara

02

3.

Tidak mengerjakan tugas atau PR

02

4.

Tidak mengikuti kegiatan ekstrakuikuler tanpa ijin

05

5.

Tidak mengikuti pelajaran atau meninggalkan kelas tanpa ijin

08

6.

Tidak masuk Madrasah tanpa ijin/keterangan

05

7.

Meninggalkan madrasah tanpa ijin

20

 

 V. TATA CARA BERPAKAIAN

No

Hari

Pakaian

Putra

Putri

1

Senin – Selasa

Baju Putih,celana biru,

Topi, dasi, pendeng MTs, kaos kaki putih panjang, sepatu hitam

Baju Putih,rok biru,

Jilbab MTs biru, pendeng MTs, kaos kaki putih panjang, sepatu

hitam

2

Rabu – kamis

Baju Batik, celana hitam, dasi

hitam,     pendeng     MTs,     kaos panjang, sepatu hitam

Baju Batik, rok    hitam, pendeng

MTs, kaos kaki panjang, sepatu hitam

3

Jum’at

1.  Baju Olah Raga, kaos kaki hitam, sepatu hitam.

2.  Baju Pramuka pada saat masuk kelas (atribut dan dasi pramuka lengkap)

1.  Baju Olah Raga, kaos kaki hitam, sepatu hitam, jilbab coklat

2.  Baju Pramuka pada saat masuk kelas (atribut dan dasi

pramuka lengkap)

4

Sabtu

Baju         Pramuka,         pendeng

MTs/Pramuka,     Sepatu    hitam, kaos kaki hitam

Baju         Pramuka,          pendeng

MTs/Pramuka, Sepatu hitam, kaos kaki hitam, jilbab coklat

 

Pada mata pelajaran olah raga memakai seragam olah raga

 

VI. LAIN-LAIN
  1. Hal-hal yang belum tercantum dalam peraturan ini diatur oleh madrasah
  2. Semua orang tua/wali peserta didik dimohon secara sadar dan pro aktif membantu agar supaya peraturan tata tertib ini ditaati sebaik-baiknya.

 

BENTUK-BENTUK SANKSI
A. Sanksi Langsung

Bentuk Pelanggaran

Sanksi

Keterangan

  1. Sikap perilaku No. 1 s/d 20
  2. Kedisiplinan dan Kepatuhan No. 1 s/d 20
  1. Menghapal Kosakata Bahasa Inggris atau Bahasa Arab sebanyak 10 kata/kalimat
  2. Menyapu ruangan
  3. Membersihkan kaca
  4. Menyapu teras kelas
  5. Menyirami tanaman
  6. Membersihkan dan merapikan ruang guru/ruang tatib/ruang BK/ruang Waka/ruang kepala/ruang Lab.
  7. Memunguti sampah yang berserahkan di halaman madrasah
  8. Menyapu halaman Madrasah
  9. Berjanji untuk tidak mengulangi di depan kelas/di depan peserta upacara
  10. Membersihkan kamar mandi
  11. Mengganti sarana yang dirusakkan

Klasifikasi sanksi bisa berubah sesuai dengan alasan, penyebab maupun latar belakang terjadinya pelanggaran.

B. Sanksi Administrasi

Setiap ada pelanggaran tata tertib peserta didik, akan diadakan pembinaan pembinaan secara bertahap sesuai dengan poin pelanggaran yang dilakukan, dengan kriteria sebagai berikut :

No.

Kriteria

Bobot

Sanksi dan pembinaan

Keterangan

1

Pelanggaran Ringan

1-20

  1. Peringatan lisan
  2. Dicatat pada buku pelanggaran
  3. Menghapal kosakata/ kalimat bahasa Inggris sebanyak 30

Klasifkasi sanksi bisa berubah sesuai dengan alasan, penyebab

2

Pelanggaran Sedang

20-40

  1. Dicatat pada buku pelanggaran
  2. Mendapat sanksi membersihkan lingkungan Madrasah selama 3 hari

 

 

 

3. Menghapal kosakata/ kalimat bahasa Inggris sebanyak 50

4. Membuat pernyataan tertulis (SP1) yang diketahui orang tua/wali peserta didik, Wali kelas, BK, Kepeserta didikan.

maupun latar belakang terjadinya pelanggaran

3

Pelanggaran Berat

40-60

  1. Dicatat pada buku pelanggaran.
  2. Menghapal kosakata/ kalimat bahasa Inggris atau Bahasa Arab sebanyak 51-65
  3. Membuat pernyataan tertulis (SP2) yang diketahui orang tua/wali peserta didik, Wali kelas, BK, Kepeserta didikan.
  4. Panggilan Orang tua/Wali peserta didik.
  5. Membaca Al-Quran minimal 1 juz dan mendapat bimbingan dari BK.

 

60-65

Pemberian sanksi dari Madrasah (Mendidik).

4

Pelanggaran sangat berat

66-70

1.      Dicatat pada buku pelanggaran

2.      Panggilan Orang tua/Wali peserta didik oleh Kepala Madrasah.

3.      Membuat pernyataan tertulis (SP3) yang diketahui orang tua/wali peserta didik, Wali kelas, BK, Kepeserta didikan dan Kepala Madrasah.

4.      Membaca Al-Quran 2 juz dan mendapatbimbingan dari BK.

71-80

Dikembalikan kepada Orang tua dalam tempo 7 hari, dan dapat masuk kembali dengan diantar Orang tua.

81-100

Dikembalikan kepada Orang tua.

PEMBERIAN SANKSI

Yang berhak memberi sanksi ialah :

A. Sanksi Langsung

  1. Petugas Tata Tertib
  2. Guru Piket
  3. Guru
  4. Wakil Kepala Bidang Kesiswaab
  5. Kepala Madrasah
  6. Untuk pihak yang lain bertugas memberi laporan, apabila ada:

B. Sanksi Administrasi/

  1. Wali kelas memberikan surat pernyataan 1 (SP1) dan koordinasi kepada
  2. Koordinasi antara BK/Guru BK, dan Waka kesiswaaan berhak memberikan SP2/SP3 (surat pernyataan 2/3) ketika/setelah sanksi

C. Baik sanksi langsung maupun administrasi harus selalu memberikan laporan secara tertulis kepada wali kelas yang .

D. Catatan pelanggaran tata tertib atau bobot pelanggaran mencapai jumlah 66 sampai dengan 100 maka akan mempengaruhi kenaikan

KEGIATAN OSISI

 Setiap peserta didik wajib mengikuti kegiatan-kegiatan yang dikoordinir oleh pengurus OSIS, baik yang diselenggarakan di Madrasah maupun di luar

  1. Apabila terdapat peserta didik atau kelompok peserta didik menyelenggrakan suatu kegiatan di luar kegiatan-kegiatan yang diprogramkan oleh OSIS, maka:
    1. Harus musyawarah dengan pengurus OSIS
    2. Harus izin pembina OSIS
    3. Harus mengajukan proposal yang disetuji oleh:
      • Pembina OSIS
      • Waka Kesiswaan
      • Kepala Madrasah
    4. Apabila kegiatan dilaksanakan di luar lingkungan madrasah harus mendapat izin tertulis dari orang tua/wali peserta didik dan Pembina
    5. Apabila dilaksanakan di luar madrasah yang diikuti oleh peserta didik putri harus didampingi oleh pembina atau guru
    6. Setiap kegiatan harus tetap menjaga nama baik Madrasah dan orang tua/wali peserta
KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
  1. peserta didik wajib mengikuti kegiatan ekstrakurikuler Pramuka
  2. peserta didik mengikuti salah satu kegiatan ekstrakulikuler pilihan yang diadakan
  3. Kegiatan Ekstrakulikuler adalah kegiatan di luar jam pelajaran pokok (intrakulikuler) yang dilaksanakan di dalam atau di luar madrasah dengan tujuan untuk mengembangkan dan mengaplikasikan minat dan bakat peserta didik, memperluas pengetahuan peserta didik, mengenal hubungan berbagai mata pelajaran dan melengkapi upaya pembinaan manusia seutuhnya.
  4. Setiap peserta didik yang mengikuti ekstrakulikuler harus ada izin dari orang
  5. Setiap peserta didik hanya boleh mengikuti 1 kegiatan ekstrakulikuler pilihan
  6. Setiap peserta didik yang mengikuti ekstrakulikuler harus ada izin dari orang
  7. Apabila jumlah peserta dalam salah satu jenis kegiatan ekstrakulikuler sudah melebihi kapasitas, maka peserta diharuskan mengikuti audisi/seleksi berdasarkan hasil tes psikologi atau tes bakat, atau portofolio yang dimliki peserta
  8. peserta didik diwajibkan hadir mengikuti kegiatan sesuai dengan jadwal yang telah
  9. Nilai Ekstrakulikuler:
    1. Nilai ekstrakulikuler ditulis dalam bentuk penilaian kualitatif : A, B, C dan
    2. Nilai ekstrakulikuler hanya akan diberikan kepada peserta didik apabila hadir dalam kegiatan tidak kurang dari 75%.

 

UPACARA BENDERA DAN PEMBINAAN KHUSUS
  1. Setiap peserta didik wajib mengikuti upacara bendera yang diselenggarakan oleh
  2. peserta didik yang tidak dapat mengikuti upacara karena sebab-sebab tertentu harus mendapat izin dari guru piket dan atau membawa surat keterangan orang tua/wali.
  3. peserta didik yang tidak mengikuti upacara wajib mengikuti kegiatan pembinaan khusus yang dilaksanakan oleh:
    1. Wakil Kepala Bagian Kesiswaan
    2. Wali kelas
    3. Petugas tata tertib
    4. Bimbingan dan konseling
  4. Dalam kegiatan pembinaan khusus, peserta didik dapat mengajukan kritik, saran, atau pendapat dalam rangka ikut bersama-sama meningkatkan kualitas

 

PRESENSI/ KEHADIRAN PESERTA DIDIK
  1. Peserta didik wajib hadir mengikuti proses pembelajaran selama satu tahun pelajaran untuk setiap
  2. Setiap peserta didik wajib hadir mengikuti proses pembelajaran minimal 90 persen kehadiran dalam setiap
  3. Setiap peserta didik wajib mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dilapangan (di luar kelas) sesuai karakteristik mata pelajaran .
  4. Peserta didik yang tidak dapat mengikuti proses pembelajaran di kelas dihitung masuk dalam kegiatan belajar mengajar apabila:
    1. mengikuti lomba mewakili Madrasah;
    2. menghadiri upacara/kegiatan yang ditugaskan oleh Madrasah
    3. mengerjakan sesuatu yang berkaitan dengan program

 

JENIS KEGIATAN EKSTRAKURIKULER
  1. Pramuka (Wajib)
  2. English Club
  3. Bahasa Arab
  4. BTQ( baca dan Tulis Quran)
  5. UKS/ PMR
  6. Olimpiade Matematika
  7. Olimpiade IPA
  8. Jurnalistik
  9. Habsi
  10. Tartil
  11. Kesenian
  12. Olah raga (Futsal dan Bulu Tangkis)

Kegiatan Pramuka wajib dilaksanakan pada minggu pertama dan ketiga setiap bulan pada hari jum’at pagi

Kegiatan Ekstrakurikuler Pilihan dilaksanakan pada minggu kedua dan keempat setiap bulan pada hari jum’at pagi


PENUTUP
  1. Hal-hal yang belum tercantum dalam Buku Rekaman Data dan Kegiatan Peserta Didik ini akan diatur secara
  2. Buku Rekaman Data dan Kegiatan Peserta Didik ini harus dibawa setiap hari oleh Peserta Didik ke madrasah untuk dapat diperiksa setiap waktu oleh guru, wali kelas, guru pembimbing, petugas tatib, guru piket, Waka Bid Kesiswaan, dan Kepala Madrasah.
  3. Apabila dikemudian hari terdapat kekurangan yang menyangkut materi dan tata aturan yang kurang sesuai akan dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk merevisi buku
  4. Buku Rekaman Data dan Kegiatan Peserta Didik (BRDK Pesdik) ini berlaku selama 3 (tiga) tahun atau selama masih menjadi Peserta Didik MTsN 3 kutai Kartanegara

 

TIM PENYUSUN

Ketua                       : Kepala Madrasah

Wakil Ketua             : Ketua Komite

Sekretaris                 : Waka Bidang Kesiswaan

Anggota                   :

  1. Waka Bidang Kurikulum
  2. Pembina Osis
  3. Guru Mulok
  4. Ketua Osis
  5. Wakil Ketua Osis
  6. Sekretaris Osis
  7. Ketua Kelas 7
  8. Ketua Kelas 8
Toggle Content

PESAN DAN HIMBAUAN

Assalamualaikum, ada yg bisa kami bantu